Penyelesaian Studi Mahasiswa Semester Akhir Jurusan Ilmu Al Quran dan Tafsir Tahun 2022

Diawal tahun 2022, tepatnya pada hari senin tanggal 13 Januari 2022 Jurusan Ilmu Al Quran dan Tafsir FUAD IAIN Ponorogo  telah melaksanakan kegiatan pengarahan percepatan penyeleseian studi untuk mahasiswa angkatan tahun 2015,2016 dan 2017. Dalam kegiatan tersebut jumlah keseluruhan mahasiswa dari tiga angkatan tersebut sebanyak 48 orang mahasiswa dengan perincian angkatan 2015 sebanyak 2 orang mahasiswa, angkatan 2016 sebanyak 13 orang mahasiswa dan angkatan 2017 sebanyak 33 orang mahasiswa. Dari 48 orang mahasiswa tersebut dirinci lagi kepada keadaan status mahasiswa, yaitu mahasiswa aktif jumlahnya ada 42 orang mahasiswa, mahasiswa cuti studi jumlahnya ada 3 orang mahasiswa, dan mahasiswa non aktif jumlahnya juga ada 3 orang mahasiswa. Adapun tingkat kehadiran mahasiswa sebanyak 50% lebih dari total 48 mahasiswa yang di undang, yaitu 25 mahasiswa hadir dan 23 mahasiswa tidak hadir.

Dari hasil pengarahan tersebut dihasilkan pemetaan permasalahan mahasiswa terkait penyeleseian tugas akhir dan mata kuliah yang belum lulus. Selanjutnya akan digunakan untuk membantu mencarikan solusi terhadap  masalah yang dihadapi mahasiswa dalam menyeleseikan studinya. Selain pemanggilan kepada mahasiswa yang bersifat tatap muka untuk menggali data permasalahan mahasiswa dalam penyeleseian studi, juga dilakukan pengisian googel formulir yang memuat pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab oleh mahasiswa terkait permasalahan yang dihadapi oleh mahasiswa dalam penyeleseian studi.

Dari pemetaan permasalahan yang dihadapi oleh mahasiswa tingkat akhir tersebut, terdapat masalah-masalah yang dihadapi diantaranya adalah masih adanya mata kuliah yang belum lulus sampai semester 12 pada beberapa mahasiswa, belum menemukan ide judul skripsi, masih proses proposal, ada yang sudah bekerja sehingga tidak fokus pada penyeleseian studi, sibuk private, membantu orantua bekerja untuk membiayai adik-adiknya, dan lain-lain.

Kepada mahasiswa yang tidak hadir, selanjutnya akan diminta untuk mengisi googel formulir tersebut agar juga dapat diketahui permasalahan yang dihadapinya. Sehingga data yang diperoleh dari kedua cara ini, diharapkan dapat ditemukan data permasalahan dari masing-masing mahasiswa untuk kemudian dicarikan solusi terbaik dan tidak melanggar aturan agar mahasiswa dapat segera menyeleseikan studinya. Adapun tindak lanjut dari kegiatan ini adalah dengan membuat grup whatsap untuk memudahkan komunikasi dan informasi serta motivasi kepada mahasiswa semester akhir dalam proses penyeleseian studinya.