GANDENG PT. NGELESIN GLOBAL EDUTECH, JURUSAN IAT LAKSANAKAN PENGABDIAN MASYARAKAT NASIONAL MELALUI PELATIHAN MEMBACA AL-QUR’AN METODE UMMI

Pada tanggal 7-8 Desember 2021, Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Ponorogo bekerjasama dengan PT. Ngelesin Global Edutech sukses laksanakan Pelatihan Membaca Al-Qur’an Metode Ummi. Pelatihan ini dilaksanakan secara online yang diikuti oleh peserta secara nasional. Meski yang bergabung dalam zoom terpantau lebih sedikit, namun yang mendaftar sebenarnya ada 80 peserta dari berbagai penjuru Indonesia. “Banyaknya peserta yang mendaftar dalam program ini adalah bukti antusiasme masyarakat dalam memperbaiki cara mereka dalam mengaji Al-Qur’an,” ungkap M. Rozi Indrafuddin, M. Fil. I. saat memoderatori kegiatan ini.

                             

“Beragamnya peserta pelatihan yang dilaksanakan selama dua hari ini, dari anak-anak sampai orang tua, bahkan Dosen, menunjukkan bahwa peserta paham betul maksud hadits Uthlub al-ilm min al-mahd ila al-lahd. Memang kita tidak boleh puas dengan ilmu yang kita punya, apalagi kalau sampai sombong. Kita harus terus belajar sampai akhir hayat, termasuk belajar mengaji ini. Demikian tegas Ketua Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Irma Rumtianing UH., M.S.I. waktu membuka program ini.

                                

Setelah pelatihan ini, peserta akan melanjutkan kursus mengajinya secara online melalui aplikasi “Ngelesin” yang dapat diunduh melalui “play store” dengan memilih salah satu mentor yang telah ditentukan, yaitu Sri Sukamto Ahmad Afifi, M. Pd., Umi Kalsum, M.S.I., Umar Faruq Thohir, M.H.I., M.S.I. Selain mengunduh, peserta juga diharuskan membayar biaya kursus mengaji ini, meski sampai akhir tahun ini, mereka masih digratiskan.

Program pengabdian Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir model ini adalah yang perdana dan diharapkan terus berlanjut secara berkesinambungan. Hal ini penting dilakukan sebagai bentuk kepedulian Jurusan Ilmu-Al-Qur’an dan Tafsir kepada khalayak masyarakat dalam bimbingan pembacaan Al-Qur’an.

Semoga manfaat dan barokah. (uft)