Sertifikasi Guru Al-Qur’an Metode Ummi, Kerjasama Fakuktas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Ponorogo dengan Ummi Madiun Raya. 9 s.d. 11 November 2021

Kebutuhan sekolah-sekolah Islam terhadap pengajaran Al Qur’an dirasa semakin lama semakin banyak. Akan tetapi kebutuhan tersebut belum diimbangi dengan  tersedianya sumber daya manusia (SDM) pengajar Al Qur’an yang mempunyai skill dan  kompetensi di bidang Al Qur’an yang memadai. Oleh karena itu Ummi Foundation memberi solusi bagi sekolah maupun TPQ-TKQ terhadap mutu pengajaran Al Qur’an melalui program standardisasi guru Al Qur’an atau program diklat guru Al qur’an agar pengajaran Al Qur’an di Indonesia semakin berkualitas.

Dengan adanya program tersebut di atas Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah bekerjasama dengan Ummi Daerah Madiun Raya melaksanakan Sertifikasi Guru Al Qur’an Metode Ummi bagi guru atau calon guru yang akan mengajar Al Qur’an di Wilayah Karesidenan Madiun dan sekitarnya.

Program ini dilaksanakan dalam rangka standardisasi guru atau calon guru Al Qur’an  yang akan mengajarkan metode Ummi. Salah satu program penting adalah dengan melatih para guru Al Qur’an agar mempunyai paradigma mutu dalam kegiatan pembelajaran Al Qur’an dan mempunyai ketrampilan pengajaran Al Qur’an yang lebih baik, mudah dan menyenangkan.

Peserta yang mengikuti sertifikasi guru Al Qur’an metode Ummi ini sebanyak 35 orang. Secara umum hasil sertifikasi guru Al Qur’an metode Ummi yang diselenggarakan di Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Ponorogo ini berjalan lancar dan hasilnya banyak peningkatan kompetensi terhadap pemahaman pengajaran Al Qur’an bagi Guru al Quran. Rata-rata peningkatan kognitif peserta dari pre test dan post test adalah sebesar 85,71poin.