Pejabat Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah mengikuti Workshop Audit Mutu Internal Berbasis ISO 9001-2015

Pejabat Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) mengikuti Workshop Audit Mutu Internal Berbasis ISO 9001:2015. Pejabat FUAD yang hadir yaitu Dekan, Wakil Dekan 1, dan Ketua Jurusan. Hadir juga Gugus Mutu Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah. Selain dari FUAD, workshop ini juga diikuti oleh pejabat dan gugus mutu dari semua fakultas, ketua jurusan, kepala lembaga dan unit yang berada di wilayah kerja IAIN Ponorogo. Kegiatan wokshop berlangsung selama dua hari pada hari Kamis-Jum’at, 8-9 April 2021 di Aula Pascasarjana IAIN Ponorogo. Acara ini diselenggarakan oleh Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Ponorogo guna menyiapkan IAIN Ponorogo untuk mendapatkan sertifikasi ISO 9001 tahun 2015.

Sertifikasi ISO 9001 tahun 2015 adalah suatu standar bertaraf internasional untuk Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu, atau yang dikenal dengan Sertifikasi Sistem Manajemen Kualitas. Jika suatu lembaga atau organisasi telah mendapatkan akreditasi ISO, maka dikatakan telah memenuhi persyaratakn internasioanl dalam manajemen penjaminan mutu produk atau jasa yang dihasilkan.

Pemateri yang dihadirkan dalam Wokshop ini adalah Dr. Sulistiwiyadi, M.Ag beliau adalah Rektor Universitas Muhammadiyah Magelang sekaligus Auditor ISO. Di hari pertama beliau memberikan penjelasan secara konseptual tentang ISO dan memperkenalkan sistem MOQASS (My Online Quality Assurance Support System) pada laman http://iainponorogo.moqass.com/login.php. Pak Sulis menyampaikan aplikasi  MOQASS yang merupakan karya beliau ini dibuat guna mempermudah penyiapan dokumen persyaratan mendapatkan sertifikasi ISO 9001 tahun 2015. Di hari kedua, beliau mengajak peserta langsung praktik melengkapi dokumen persyaratan ISO 9001 tahun 2015 dalam bentuk softfile dengan mengunggahnya di MOQASS yang selanjutkan akan diaudit oleh Auditor Internal Institusi.

Workshop selama dua hari berjalan lancar dengan antusisme peserta yang tinggi. Dekan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Dr.H.Ahmad Munir, M.Ag  memberikan apresiasi. Beliau menyampaikan “ISO 9001 salah satu dari bentuk recognicy public terhadap kredibilitas suatu Lembaga. Keikutsertaan pengelola pendidikan di FUAD adalah bagian dari usaha untuk menghadapi competisi global. Dengan pelatihan AMI ISO9001 kita harapkan dapat meningkatkan mutu dan standar pelayanan Pendidikan kepada stake holder, sehingga ke depan FUAD akan siap menghadapi kompetisi global di era industri 4.0”.