IAT Bersholawat

Di hari Sabtu pagi tanggal 8 Februari 2020, segenap pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ilmu al-Qur’an & Tafsir menyelenggarakan agenda IAT bersholawat yang dilaksanakan di rumah saudari Destira Desa Kepuhrubuh Siman Ponorogo. yang diselenggarakan untuk mahasiswa IAT angkatan 2019 dan angkatan 2020.

Agenda ini dilaksanakan bertujuan untuk merekatkan tali ukhuwah, tali silaturahmi antar sesama mahasiswa IAT, khususnya dari angkatan 2019 dan 2020. Tali silaturahmi yang selama ini mungkin belum terlalu kuat, mungkin dari masing-masing mahasiswa belum mengenal satu sama ain, belum pernah saling berkomunikasi atau bertatap muka secara langsung. Dikesempatan kali ini, diadakanlah agenda yaitu IAT Bersholawat yang menjadi sarana kumunikasi serta ajang untuk saling mengenal antar mahasiswa IAT sendiri. Tereebih lagi sebagian besar mahasiswa IAT sendiri lebih suka maupun lebih tertarik terhadap perkara-perkara yang bersinggungan dengan sholawat, entah Habsy maupun Banjari. Oleh karena itu, agneda ini sangat tepat serta sangat strategis menjadi ajang berkumpul bersama dan memperkuat ukhuwah anatar mahahasiswa.

Agenda ini diawali dengan tawasul serta hidiyah fatihah kepada para ambiya’ dan ulama’, serta hidiyah fatihah terhadap sesepuh-sepepuh atapun alumni dari IAT IAIN Ponorogo agar mendapat barokahnya ilmu yang kita cari selama 8 semester nanti. Setelah itu, dilaksanakan khotmil Qur’an secara singkat serta pembacaan Doa Khotmil Qur’an. Hingga akhirnya tibalah di acara inti pembacaan sholawat serta Mahallul Qiyam, yang menambah kekhusukan serta cinta kepada Nabi Muhammad SAW. Setelah serangkaian acara telah selesai secara tuntas dan lancar, disusul dengan agenda makan bersama dalam satu wadah, duduk berjejer dengan mimik wajah mereka yang sangat ceria menambah kenikmatan dalam agenda ini. Saling ngobrol, saling bertukar cerita menambah kuatnya tali silaturahmi yang kita bangun. Semoga di waktu lain, kita dapat melaksanakan agenda ini kembali untuk menyambung tali silaturahmi lintas angkatan. (Admin)